Mau Belanja Batik? Ya di Kampung Batik Laweyan Solo

 

Bersama Yogyakarta dan Pekalongan, Kota Solo dikenal sebagai daerah penghasil kain batik. Di Solo, salah satu sentra pembuatan batik terdapat di Laweyan. Kawasan tersebut kemudian menjadi daerah wisata belanja dan dikenal dengan Kampung Batik Laweyan.

Tempat wisata belanja serba batik tersebut berada di Jl. Dr. Radjiman. Lokasinya ada di selatan stasiun Purwosari dan bisa ditempuh sekitar 5 menit berkendara.

Seperti namanya, di dalam kampung itu terdapat toko-toko yang menjual kain, baju, dan sandang serta aksesoris lain yang berbahan batik. Salah satu yang cukup terkenal adalah Mahkota Batik. Kepada pengunjungnya, toko ini selalu menampilkan ibu-ibu yang sedang membatik.

Di Mahkota Batik, pengunjung bisa membeli bermacam kain batik yang dibikin lewat proses printing, cap, maupun tulis. Ada juga kain batik yang dibikin menggunakan pewarna alami, misalnya kulit rambutan, daun jati, sengon, kulit delima, Yang berbeda dari toko ini adalah koleksi batik bermotif abstrak, contohnya adalah lukisan impressionist.

Apabila tidak puas hanya melihat ibu-ibu membatik, Mahkota Batik juga menggelar workshop membatik menggunakan canting dari awal hingga akhir. Agar bisa mengikut workshop ini pengunjung cukup membayar 35-40 ribu Rupiah. Selain Mahkota Batik, di sepanjang Jalan Sidoluhur terdapat juga toko-toko lain yang membikin program belajar membuat batik. Contohnya di Putra Laweyan dan Batik Merak Manis.

Di Jalan Sidoluhur itu pulalah kamu bisa menyambangi toko-toko batik lainnya. Karena di jalan itu berderet panjang toko-toko batik. Kebanyakan dari toko itu adalah rumah yang dikonsep menjadi gerai. Misalnya Batik Aditya, Batik Gunawan, Batik Gres Tenan, Batik Merak Manis, Batik Sidoluhur, dan lainnya.

Masing-masing dari toko itu mempunyai keunggulan masing-masing. Contohnya Batik Merak Manis. Terletak di ujung timur Jalan Sidoluhur, toko ini menyediakan rok bawahan berprodo krom keemasan dan polos. Yang berlapis prodo harganya lebih mahal.

Contoh lainya adalah Batik Sidolohur yang memiliki koleksi kain batik klasik maupun modern. mulai dari busana resmi, hingga busana santai seperti daster atau celana kolor.

Jadi, apabila sedang berwisata ke Kota Solo jangan lupa berkunjung ke Kampung Batik Laweyan. Karena kurang lengkap rasanya kalau pergi Kota Solo tanpa membeli oleh-oleh kain batik.