Taman Buku Alun-Alun Pusatnya Berburu Buku Murah dan Kuno di Solo

Suka membaca buku? Dan kepingin beli buku-buku murah? Sepertinya Taman Buku dan Majalah Alun-alun Utara Surakarta bisa ditempatkan di daftar tujuan.

Mulai dari buku novel, sejarah, diktat, majalah, hingga komik semuanya terdapat di sana. Kalau sedang mencari buku incaran, pengunjung bisa berkeliling dan melihat-lihat lebih dulu di 17-an kios yang melapak di sana. Karena bukunya betumpuk-tumpuk, jangan malu-malu buat membongkarnya satu per satu. Sang pemilik kios selalu mempersilakan para pengunjung untuk mencari buku yang diingini.

Tak hanya buku-buku bekas saja yang dijual, ada juga buku baru yang masih disegel. Nah, kalau kamu termasuk orang yang gemar mengoleksi buku-buku kuno, Taman Buku dan Majalah Alun-alun Utara Surakarta bisa menjadi alternatif. Di sana ada seorang penjual bernama Bambang Tri Harjanto. Dia mengkhususkan diri menjual buku-buku lawas dan barang antik.

Di kiosnya, kamu bisa menemukan buku-buku keluaran tahun ’60 hingga ’70-an. Bambang juga punya koleksi buku yang ditulis sekitar tahun 1600. Buku tersebut berjudul “Serat Anbiya”, isinya tentang sejarah nabi. Namun sayang, buku tersebut tidak lengkap dan hanya berbentuk lembaran.

Kios buku kuno milik Bambang kerap disinggahi kolektor. Pernah suatu kali ia kecele. Sebuah arsip perjanjian Welmina yang sebenarnya bernilai ratusan juta, dibeli oleh kolektor dengan harga 20 juta Rupiah. Bambang juga pernah menjual lembaran buku sebanyak tiga-empat lembar, yang dijual seharga puluhan ribu Rupiah.

Kalau buku yang kamu cari ketemu, jangan sungkan untuk menawarnya.

Taman Buku dan Majalah Alun-alun Utara Surakarta berada di pusat Kota Solo. Tempat ini berada satu kawasan dengan Pasar Cinderamata. Taman buku terletak di utara Alun-Alun Utara Surakarta dan tidak jauh dari Pasar Klewer. Karena lokasinya strategis, kamu bisa dengan mudah mengunjunginya. Bisa menggunakan bus Batik Solo Trans (BST), angkot, atau kalau kepingin lebih klasik bisa naik becak.

Selamat berbelanja buku murah!